Semua Koleksi
Pemberi Dana
Memahami Manfaat Pendanaan
Apa Yang Terjadi Jika Pembayaran Terlambat?
Apa Yang Terjadi Jika Pembayaran Terlambat?
Layanan Modalku avatar
Ditulis oleh Layanan Modalku
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Dalam bisnis UMKM, tidak jarang terjadi keterlambatan pembayaran yang mungkin disebabkan oleh banyak faktor. Meskipun penundaan tidak selalu berarti default (gagal bayar), kami selalu berupaya untuk mengejar setiap cicilan yang terlewat. Ini diperlukan untuk memastikan pembayaran pendanaan kepada pemberi dana dapat berlangsung secepat mungkin.

Bunga Keterlambatan:

Apabila penerima dana gagal melakukan pembayaran penuh, maka penerima dana dikenakan bunga keterlambatan sebesar 0,1% dari pokok pendanaan per hari (dari tanggal jatuh tempo). Biaya bunga ini akan didistribusikan kembali kepada pemberi dana sebagai kompensasi dari keterlambatan tersebut. Kami juga mengenakan biaya denda keterlambatan untuk mencegah penerima dana membayar terlambat dari tanggal jatuh tempo.

Misalnya: Anda memberikan pendanaan sebesar 10.000.000 pada 12% per tahun menjadi pendanaan 4 bulan, jatuh tempo pada tanggal 1 setiap bulan. Tetapi penerima dana hanya membayar kembali pada tanggal 12 di bulan itu, Anda akan menerima 2.500.000 pokok pendanaan, 400.000 bunga dan 27.500 bunga terlambat (0,1% x 11 hari x 2.500.000).

Bagaimana Cara Kami Melakukan Penagihan?

Untuk pendanaan berjangka, semua penerima dana harus mengisi formulir General Interbank Recurring Order (GIRO) yang ditetapkan untuk mendebitkan angsuran bulanan langsung dari rekening bank bisnis operasional mereka. Angsuran bisa dibayar tanggal 1 atau 15 setiap bulan, tergantung pada tanggal jatuh tempo dari setiap pendanaan berjangka. Untuk invoice financing, GIRO tidak digunakan.

Jika pemotongan GIRO gagal dan tidak ada pembayaran alternatif yang diterima pada tanggal jatuh tempo, Account Manager dan/atau Credit Officer kami akan menghubungi penerima dana pada hari kerja berikutnya untuk menginformasikan bahwa pembayaran via GIRO gagal dan membuat pengaturan untuk membayar dengan cek atau lakukan transfer bank.

Kami memberikan informasi mengenai status pembayaran yang terlambat secara berkala di situs web kami. Anda dapat mengakses ini di tab "Portofolio" dan scroll ke bawah dan lihat ke "Detail Pendanaan". Di kolom paling kanan Anda akan melihat "Catatan". Klik pada ikon untuk melihat Catatan Pembayaran yang terbaru.

Dalam beberapa kasus, kami meminta penerima dana untuk memberikan laporan bank, surat kontrak dan purchase order untuk memverifikasi dana yang masuk dan keluar atau piutang yang akan diterima. Ini dapat membenarkan setiap ekstensi yang diberikan untuk pembayaran, atau kadang-kadang memecah angsuran menjadi pembayaran mingguan yang lebih kecil.

Sebagian besar penerima dana membayar tepat waktu. Apabila terdapat keterlambatan, mereka tetap kooperatif dan memastikan bahwa jumlah yang belum dibayar segera dilunasi.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?