Default dan penanganannya
Layanan Modalku avatar
Ditulis oleh Layanan Modalku
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Mengapa default (gagal bayar) terjadi?

Pembayaran angsuran yang tertunda serta gagal bayar pendanaan adalah risiko yang mungkin saja terjadi pada alternatif investasi Platform pendanaan digital bagi UMKM, terutama di dunia pendanaan UMKM.

Keadaan pasar seringkali tidak dapat ditebak. Terlambat menerima piutang, turunnya penghasilan, serta faktor-faktor lain di luar kontrol penerima dana bisa mengakibatkan keterlambatan angsuran atau bahkan default (gagal bayar).

Karena risiko inilah, tingkat manfaat pendanaan Platform pendanaan digital bagi UMKM terbilang cukup tinggi. Tetapi jangan sampai risiko default menahan Anda dari aktivitas pendanaan. Yang terpenting adalah portofolio Anda terdiversifikasi dengan baik.

Apa itu default (gagal bayar)?

Default (gagal bayar) terjadi saat:

  • Pendanaan dianggap default bila terlambat membayar 90 hari lewat batas tanggal angsuran

Mengapa default bisa terjadi?

Usaha yang didanai melalui platform Modalku tergolong usaha mikro kecil menengah dimana kondisi bisnis mereka lebih sensitif terhadap pengaruh kondisi pasar dibandingkan dengan perusahaan korporasi yang sudah lebih stabil. Misalnya kondisi yang terjadi dengan usaha penerima dana UKM - kondisi dimana klien dari usaha penerima dana belum melakukan pembayaran sehingga mempengaruhi arus kas (cash flow) mereka. Bukan berarti mereka tidak bersedia membayar, namun satu dan lain hal kondisinya belum memungkinkan usaha penerima dana melunasi angsurannya.

Bagaimana Modalku mengatasi kondisi default?

Kami menjaga hubungan baik dengan masing-masing penerima dana. Tim collection kami juga selalu siap untuk melakukan penagihan secara berkala agar pembayaran dapat dilakukan.

Untuk "Catatan" dari hasil penagihan kami dapat dilihat pada menu "Portofolio" di bagian kanan kode pendanaannya. Untuk "Catatan" ini akan muncul setelah Penerima Dana belum melakukan pembayaran lebih dari 15 hari dari waktu jatuh tempo yang sudah ditentukan sebelumnya.

notes1.PNG
notes2.PNG

Dan untuk melalui Aplikasi Modalku silahkan pilih menu "Portofolio" - Klik tab "Gagal Bayar" - Pilih kode pendanaan yang dibutuhkan - "Lihat Manfaat Pendanaan".

image__3_.png
default2.PNG

Berapa tingkat default Modalku saat ini?

Tingkat default Modalku tertera di halaman statistik kami.

Berapa tingkat default Modalku saat ini?

Tingkat default Modalku tertera di halaman statistik kami.

Apa yang bisa saya lakukan untuk meminimalkan risiko default di Platform pendanaan digital bagi UMKM?

Diversifikasi, diversifikasi, dan diversifikasi.. Jangan masukkan nilai pendanaan yang besar hanya di 1 pendanaan, terutama bila Anda tidak rela kehilangan nilai pendanaan tersebut. Bagilah nilai pendanaan yang besar ke sebanyak mungkin pendanaan yang cocok dengan preferensi Anda. Dengan diversifikasi pendanaan, bila satu pendanaan default maka manfaat pendanaan Platform pendanaan digital bagi UMKM Anda tetap positif karena UMKM lain yang Anda danai tetap menghasilkan manfaat pendanaan. Semua yang mendaftar untuk pendanaan Modalku harus melewati penilaian kredit yang ketat, tetapi selalu ada kondisi pasar tak terduga yang bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Penting bagi Pemberi Dana untuk menyadari risiko terkait Platform pendanaan digital bagi UMKM dan cara meminimalkan risiko tersebut.

Contoh: Anda kini memiliki dana Rp 10 juta untuk di platform Platform pendanaan digital bagi UMKM, dari dana tersebut untuk memaksimalkan diversifikasinya dapat mengalokasikan Rp 100 ribu per pendanaan yang tersedia di platform Modalku. Maka total portfolio Anda memiliki total 100 pendanaan dengan jenis risiko yang berbeda.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?