Semua Koleksi
Cara mengamankan akun Anda
Mengenkripsi lampiran email rahasia
Mengenkripsi lampiran email rahasia
Layanan Modalku avatar
Ditulis oleh Layanan Modalku
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Mengapa saya perlu mengenkripsi dokumen?

Untuk berbagai keperluan, Anda mungkin diminta untuk mengirim dokumen rahasia ke Modalku melalui email. Contoh dokumen rahasia seperti kontrak, perjanjian, dan rekening koran.

Untuk mencegah dokumen ini bocor ke penerima yang tidak diinginkan, kami menyarankan Anda untuk mengenkripsi dokumen tersebut sebelum Anda melampirkannya ke dalam email, dan mengirim kata sandi enkripsinya melalui email terpisah. Penerima harus memiliki akses ke dua email:

  1. Yang berisi dokumen terenkripsi, dan

  2. Yang berisi kata sandi enkripsi sebelum mereka dapat membaca dokumen rahasia.

Bagaimana cara mengenkripsi dokumen?

Meskipun ada berbagai carayang dapat Anda gunakan untuk mengenkripsi dokumen, kami menyarankan Anda untuk menggunakan perangkat lunak kompresi file untuk mengemas file ke dalam satu file ZIP dan kemudian mengenkripsifile ZIP tersebut dengan kata sandi. Anda kemudian dapat melampirkan file ZIP, bukan dokumen asli, ke dalam email.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengenkripsi dokumen pada sistem operasi Windows menggunakan perangkat lunak 7-Zip. Instruksi serupa dapat Andaikuti walaupunAnda menggunakan perangkat lunak atau sistem operasi lain.

  1. Buka File Explorer, dan buka folder tempat file yang ingin Anda lampirkan ke email berada.

  2. Pilih file, dan klik kanan.

  3. Pilih 7-Zip > Tambahkan ke arsip…

  4. Tentukan nama dokumen yang ingin Anda berikan pada file ZIP di bawah Archive, tentukan kata sandi di bawah Enter password dan lagi di bawah Reenter password, lalu klik OK.

  5. Setelah 7-Zip selesai membuat file ZIP, 7-Zip akan ditutup secara otomatis.

  6. File ZIP akan tersimpan pada folder yang sama dengan tempat file lampiran berada.

Ikuti panduan yang disediakan di Bagaimana Saya Membuat Kata Sandi yang Kuat? untuk menentukan kata sandi yang kuat untuk file ZIP.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?