Penting bagi Anda untuk waspada terhadap penipuan dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi diri Anda dari penipuan tersebut.

Apa yang harus dilakukan ketika Anda menjadi korban penipuan?

1. Jika penipu menghubungi Anda

Jika penipu menelepon Anda atau mengirimi Anda pesan, abaikan mereka atau blokir nomornya, tetapi catat apa yang telah terjadi sehingga Anda dapat melaporkannya.

2. Jika Anda telah mentransfer uang ke penipu dalam 24 jam terakhir

Jika penipu meminta uang kepada Anda dan Anda secara tidak sengaja mentransfer uang tersebut kepada mereka, laporkan transaksi tersebut kepada bank yang bersangkutan. Selain itu, laporkan ke perusahaan yang diatas namakan oleh penipu.

3. Jika Anda merasa detail akun/kartu Anda telah dicuri

Hubungi bank dan perusahaan penerbit kartu Anda untuk memblokir rekening/kartu yang telah dicuri atau digunakan oleh penipu.

4. Jika menurut Anda kata sandi Anda mungkin telah dicuri atau akun Anda telah diretas

Ubah kata sandi dan segera kunci akun Anda.

5. Jika Anda tahu media komunikasi penipu

Segera tinggalkan grup media sosial (seperti grup Telegram) dan laporkan juga grup penipu tersebut segera ke pihak media sosial resmi atas media sosial yang di gunakan oleh penipu.

Bagaimana Anda harus menghadapi penipuan?

Ikuti langkah-langkah di bawah ini saat menghadapi penipuan:

1. Periksa alamat website

Website palsu seringkali menggunakan alamat website yang terlihat mirip dengan alamat website yang asli atau resmi. Misalnya, alih-alih modalku.co.id, penipuan mungkin menggunakan nama website "mdbloan" yang mungkin terlihat mirip dengan website asli Modalku.

2. Hati-hati bagaimana Anda membayar

Jangan pernah membayar uang langsung ke rekening bank yang di informasikan dalam email atau pesan penipuan. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa kami tidak akan pernah mengontak Anda untuk meminta password atau mentransfer uang terutama sebagai syarat pencairan dana.

3. Terlihat Meyakinkan
Penipu mungkin menawarkan pinjaman yang sangat menarik dengan syarat yang sangat mudah. Berpikirlah 2 kali, karena mungkin saja ini adalah sebuah jebakan penipuan.

4. Lakukan pencarian informasi di Internet

Apabila Anda masih belum bisa menemukan informasi mengenai penipuan tersebut, lakukan pencarian di Internet tentang situs web, grup, atau pinjaman tersebut. Carilah apa yang orang lain tulis atau katakan di internet.

5. Selalu gunakan koneksi internet yang aman

Saat Anda mengunjungi website resmi yang meminta informasi keuangan atau pribadi, nama perusahaan harus terlihat di sebelah alamat website pada web browser, dan pastikan adanya simbol gembok yang menandakan Anda menggunakan koneksi internet yang aman. Jika Anda tidak melihat simbol gembok ini atau browser Anda memberikan peringatan bahwa website tersebut belum memiliki sertifikat keamanan terbaru, maka Anda perlu berhati-hati.

6. Hubungi perusahaan yang sah melalui email / live chat/ nomor telp resmi mereka

Jika Anda mencurigai bahwa kontak yang Anda terima adalah palsu, segera hubungi perusahaan yang resmi untuk memverifikasi kontak tersebut.

Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut tentang penipuan dan cara mengidentifikasinya.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?