Waspada Penipuan Melalui Media Sosial
Layanan Modalku avatar
Ditulis oleh Layanan Modalku
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Media sosial seperti Instagram, Facebook, dan platform lainnya telah menjadi bagian utama dari kehidupan kita di era saat ini. Melalui platform yang sangat besar ini, penipu memiliki cara yang lebih mudah untuk menargetkan individudan perusahaan. Namun dengan sedikit kehati-hatian, kita akan lebih mudah mengidentifikasi metode penipuan dan dapat tetap waspada. Cermati poin-poin berikut ini sebelum mengambil LANGKAH BERIKUTNYA:

1. Periksa situs web resmi perusahaan untuk mengetahui seluruhplatform media sosial yang perusahaan tersebut gunakan:

2. Periksa detail perusahaan... Manfaatkan search engine dengan menggunakan kata kunci “nama perusahaan plus penipuan atau keluhan”:

3. Waspadai akun dan halaman media sosial palsu!

Periksa kembali informasi yang disampaikan pada akun dan halaman media sosial dua kali sebelum memutuskan apakah itu legal atau tidak.

4. Hindari tautan yang memberikan klaimpinjaman instan dengan persyaratan yang sedikit atau memberi tawaranpengembalian yang sangat tinggi dari investasi yang dilakukan.

Gunakan penilaian Anda: Jika tawaran yang diberikan terlihatterlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang itu adalah penipuan!

5. Waspadai permintaan koneksi dari akun peniruan identitas.

Terkadang, penipu membuat akun palsu di platform media sosial menggunakan foto individudan/atau perusahaan target yang tersedia untuk umum. Periksa kepalsuan akun atau koneksi dengan memeriksa berapa banyak orang yang terhubung dengan mereka, apa yang telah mereka unggah, bagaimana mereka terhubung dengan Anda, apakah masuk akal bagi Anda, dll.

6. Jangan memberikan informasi pribadi Anda di platform media sosial apapun karena perusahaan yang legal tidak akan meminta Anda melakukannya.

Anda mungkin melihat banyak profil/akun/halaman PALSU di LinkedIn, Facebook, Telegram, Instagram, dllyang mengklaim sebagai Funding Societies | Modalku.

Harap jangan tanggapi mereka, dan jika Anda memiliki keraguan dan/atau kekhawatiran, silakan hubungi kami melalui Live Chat yang tersedia di situs website resmi kami.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?