Semua Koleksi
Cara mengamankan akun Anda
Apakah Anda sering mendengar ancaman yang terkait dengan aplikasi seluler? Bagian 1
Apakah Anda sering mendengar ancaman yang terkait dengan aplikasi seluler? Bagian 1
Layanan Modalku avatar
Ditulis oleh Layanan Modalku
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Karena popularitas aplikasi seluler, saat ini kita semakin mengandalkan perangkat seluler, yang dapat membahayakan keamanan dan privasi data kita. Banyak dari kita yang tidak menyadari ancaman yang ditimbulkan oleh aplikasi seluler. Beberapa langkah besar dapat diambil untuk mencegah ancaman ini. Pada artikel ini, kita akan membahas ancaman secara rinci dan bagaimana kita dapat menghindarinya.

Malware: Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak perangkat Anda, mencuri data pribadi Anda, atau bahkan mengambil alih perangkat Anda. Malware dapat disembunyikan di aplikasi seluler dan diunduh saat Anda menginstal aplikasi dari sumber / pengembang yang tidak dikenal.

Phishing: Serangan ini menipu Anda untuk memberikan informasi sensitif dengan menyamar sebagai aplikasi yang sah. Serangan phishing dapat disampaikan melalui email, pesan teks, atau media sosial dan sulit dikenali.

Jika Anda secara tidak sengaja atau tidak menyadari telah menginstal malware di perangkat seluler Anda, atau mengklik email atau pesan phishing yang terkait dengan aplikasi yang diinstal, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk mengurangi kerusakan:

Hapus malware: menggunakan perangkat lunak anti-virus terkemuka untuk memindai perangkat Anda dan menghapus malware yang terdeteksi.

Ubah kata sandi Anda: Jika Anda telah memasukkan kata sandi di situs web phishing, Anda harus segera mengubah kata sandi untuk semua akun yang memakai kata sandi tersebut.

Aktifkan autentikasi dua faktor: Aktifkan autentikasi dua faktor untuk semua akun Anda guna memberikan lapisan keamanan ekstra.

Pelajari cara mengidentifikasi kemungkinan upaya phishing: Pelajari cara mengenali email/pesan phishing dan menghindari mengeklik tautan yang mencurigakan atau mengunduh lampiran dari sumber yang tidak dikenal.

Selalu perbarui perangkat dan perangkat lunak Anda: Pastikan perangkat dan perangkat lunak Anda diperbarui dengan tambalan keamanan terbaru untuk melindungi dari kerentanan yang diketahui.

Hubungi lembaga keuangan Anda jika ragu: Jika Anda menduga bahwa Anda mungkin telah memasukkan informasi keuangan / kredensial Anda tanpa sepengetahuan situs / aplikasi phishing, segera ubah kata sandi Anda dan hubungi lembaga keuangan Anda masing-masing untuk bantuan lebih lanjut.

Disclaimer :

Informasi di halaman ini dimaksudkan untuk tujuan edukasi dan bersifat umum. Hal tersebut tidak dapat dianggap sebagai nasihat hukum, konsultasi atau nasihat profesional lainnya. Meskipun kami telah mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan konten artikel ini terkini dan akurat, pengembangan dan/atau perubahan dapat terjadi dari waktu ke waktu, oleh karenanya Anda tidak dapat hanya mengandalkan informasi ini semata. Kebergantungan pada informasi ini semata sepenuhnya merupakan risiko Anda sendiri.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?